Kamis, 14 April 2016

E-Commerce


  1. Sejarah E-commerce 
Pada tahun 1997 pemerintah amerika mendeklarsikan sebuah refolusi industri baru yang berdampak pada stabilitas ekonomi global dengan fenomena mraknya bisnis secara elektronik/digital menggunakan internet sebagai medium bertransaksi. Metode  bertransaksi ini kemudian lebih dikenal sebagai istilah e-commerce .
Menurut Amir Hartman dalam bukunya " Net-Ready" mendefinisikan e-commerce sebagai "suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronik yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan me nggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi, antar institusi dan konsumen langsung, antara konsumen dan institusi, maupun antar konsumen dan konsumen.

4 Jenis relasi dalam dunia bisnis sebuah perusahaan (fingar 2000).
  1. Relasi dengan pemasok(supplier)
  2. Relasi dengan penyalur(distributor)
  3. Relasi dengan rekanan (partner)
  4. Relasi dengan konsumen (customer)


proses e-commerce
2. Strategi Pemasaran Dalam E-commerce
   

    Globalisasi yang sesungguhnya pada dasarnya telah terlaksana didunia maya, yang menghubungkan antara seluruh masyarakat digital atau mereka yang kerap menggunakan internet dalam aktivitas kehidupan setiap hari.
Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak oleh kehadian internet, sektor bisnis atau perdagangan merupakan yang paling cepat tumbuhnya. Berdagang didunia maya dengan memanfaatkan perangkat telekomunikasi, yang kerap diistilahkan dengan e-commerce (elektronik commerce) .
Strategi pemasaran dalam e-commerce tidak ubahnya terjadi dalam pemasaran konfensional yaitu pengambilan keputusan keputusan tentang pemasaran, bauran pemasaran,alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.

alur transaksi e-commerce

4 Faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran e-commerce yaitu:
  • Daur hidup produk
  • Posisi persaingan perusahaan dipasar yang memanfaatkan e-commerce
  • Situasi ekonomi
  • Pengguna media online
1) Strategi Pemasaran Berdasarkan Kebutuhan
  • Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai
  • Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian 
  • Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada
  • Merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru
2)  Strategi Pemasaran Berdasarkan Media Yang Digunakan
  • Search Engine
  • Optimalisasi Google Maps
  • Kampanye Pay Per Click (PPC)
  • Promosi Dimedia Sosial
  • Pengguna Blog
  • Pengguna Video Marketing
  • Surat Kabar Digital
3.  Afilasi Pemasaran
    Adalah usaha perolehan pendapatan antara pengiklan online dengan pedagang jalan penjualan online. Banyak manfaat afiliasi pemasaran termasuk otensi untuk menghasilkan banyak uang. Anda dapat melakukan banyak proses periklanan otomatis dan menerima pembayaran hanya berdasarkan hasil yang diinginkan, yang meliputi penjualan, pendaftaran, dan jumlah pembayaran PPC .

4.  Membuat Website E-commerce Dengan Aplikasi Opensource
     Berbagi aplikasi e-commerce melalui internet , termasuk e-marketing ,e-advertising, e-banking ,e-tailing, e-publishing online atau ritel online.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar